RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A.
Identitas
Mata Pelajaran : Geografi
Materi :
Dinamika
Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan
Kelas : X
Alokasi Waktu :
2 X 45 menit
B.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan
perilaku dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
C.
Kompetensi
Dasar (KD)
Mendeskripsikan
konsep dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.
D.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan pengertian atmosfer.
2. Menyebutkan lapisan atmosfer beserta
fenomena yang terjadi di lapisan itu.
3. Mengidentifikasi
peranan atmosfer bagi kehidupan.
E.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian
atmosfer.
2. Lapisan
atmosfer beserta fenomena yang terjadi.
3. Peranan
atmosfer bagi kehidupan.
F.
Kegiatan
Pembelajaran
-
Langkah-langkah pembelajaran guru kepada siswa (Pertemuan
Pertama)
NO.
|
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
|
PEMBUKA
·
Salam.
·
Guru memimpin doa dan mengabsen
siswa.
·
Guru memberi pertanyaan secara
singkat untuk mengawali materi atmosfer.
|
15 menit
|
2
|
INTI :
·
Guru menjelaskan pengertian
atmosfer.
·
Guru menjelaskan lapisan-lapisan
yang ada di atmosfer beserta peranan atmosfer bagi kehidupan.
·
Guru meminta siswa mengamati sebuah sajian video di dalam sebuah ppt tentang lapisan atmosfer.
·
Guru meminta siswa menuliskan isi dalam video.
·
Guru membantu siswa memberikan
kesimpulan.
·
Guru memberikan tes tulis kepada
siswa untuk mereview
materi yang telah dibahas.
|
60 menit
|
3
|
PENUTUP
·
Guru memberikan infomasi
mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
·
Guru menutup pembelajaran dengan
mengucap salam.
|
15 menit
|
Jumlah
|
90
menit
|
G. Bahan,
Alat/Media, dan Sumber Belajar
a. Bahan
Belajar : Artikel, Jurnal
b. Media
Pembelajaran
1) Alat : Laptop, spidol, LCD, white
board
2) Media : Power Point.
c. Sumber
Belajar : Buku Geografi Kelas X
SMA
H. Metode
Pembelajaran
a. Pendekatan : Saintifik
b. Metode : Ceramah, penugasan, diskusi, dan presentasi
c. Model : Inquiri Learning
LAMPIRAN PENILAIAN
1.
Lembar
Diskusi
Jenis tagihan : Tugas Kelompok
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Berdiskusilah dengan kelompok mengenai
keadaan cuaca di daerahmu dan amatilah
fenomena atmosfer yang ada di sekitar.
Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal :
…………………………………………………….
Topik
diskusi :
…………………………………………………….
No
|
Sikap/Aspek
yang dinilai
|
Nama
Kelompok/ Nama Peserta Didik
|
Nilai
Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
||||
Penilaian dalam Kelompok
|
||||||||
1.
|
Menyusun
laporan kelompok
|
|||||||
2.
|
Kerja
sama antar individu dalam kelompoknya
|
|||||||
3.
|
Hasil
diskusi kelompok
|
|||||||
4.
|
Penilaian
keaktifan siswa di dalam kelompok
|
|||||||
5.
|
Penyampaian
menggunakan bahasa yang baik
|
|||||||
Jumlah
Nilai Kelompok
|
||||||||
Penilaian Individu Peserta Didik
|
||||||||
1.
|
Pehaman
materi dalam diskusi
|
|||||||
2.
|
Keaktifan
dalam kelompok
|
|||||||
3.
|
Berani
menyampaikan pendapat
|
|||||||
4.
|
Menggunakan
bahasa yang baik
|
|||||||
Jumlah
Nilai Individu
|
||||||||
Kriteria Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 – 79
|
Cukup
|
2
|
56 – 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
2.
Lembar
Pengamatan Sikap
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
Mata
Pelajaran : Geografi
Kelas /
Semester : X / II
Waktu
Pengamatan : Pada saat proses
pembelajaran
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang Dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan
rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
|
||||
2
|
Memiliki
rasa keingintahuan yang tinggi
|
||||
3
|
Menunjukan
tanggung jawab, ketelitian serta ketekunan untuk bekerja dalam individu
maupun dalam diskusi kelompok
|
Rubrik Penilaian Sikap
Aspek Yang Dinilai
|
Rubrik
|
Menunjukkan
rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
|
3: Mengungkapkan
rasa syukur
2: Sudah
menunjukan rasa bersyukur terhadap apa yang sudah ada tapi secara bertahap,
serta mensyukuri atas kebesaran Tuhan
1: Belum
menunjukan rasa syukur atas kebesaran Tuhan baik secara langsung maupun
bertahap
|
Memiliki
rasa keingin tahuan yang tinggi dan kerja sama dalam kelompok
|
3:
Selalu bertanya tentang yang terkait dalam materi dan aktif dalam kelompok
2:
Selalu bertanya tetapi kurang aktif dalam menyampaikan pendapat, tapi
sesekali menyampaikan pendapat dan memiliki rasa kerjasama yang tinggi
1:
Tidak pernah bertanya, antusias kurang dan kurang berani dalam mengemukakan pendapatnya
dan kerjasama kurang
|
Menunjukan
tanggung jawab, ketelitian serta ketekunan untuk bekerja dalam individu
maupun dalam diskusi kelompok.
|
3:
menyelesaikan tugas kelompok dengan baik dan ikut berpartisipasi dalam
mengerjakan tugas hasil kelompok
2:
Berusaha mengerjakan tugas hasil kelompok secara baik dan tepat waktu, dalam
hasil ketelitian kurang
1: Tugas
tidak selesai, ketelitian kurang dan tidak bersungguh-sungguh dalam diskusi
kelompok
|
No comments:
Post a Comment