Tuesday, November 27, 2018

TUGAS 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A.      Identitas
Mata Pelajaran     : Geografi
Materi                   : Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan
Kelas                    : X
Alokasi Waktu     : 2 X 45 menit
B.       Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C.      Kompetensi Dasar (KD)
Mendeskripsikan konsep dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.
D.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menjelaskan pengertian atmosfer.
2.      Menyebutkan lapisan atmosfer beserta fenomena yang terjadi di lapisan itu.
3.      Mengidentifikasi peranan atmosfer bagi kehidupan.
E.       Materi Pembelajaran
1.      Pengertian atmosfer.
2.      Lapisan atmosfer beserta fenomena yang terjadi.
3.      Peranan atmosfer bagi kehidupan.


F.       Kegiatan Pembelajaran
-          Langkah-langkah pembelajaran guru kepada siswa (Pertemuan Pertama)
NO.
KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
1
PEMBUKA
·         Salam.
·         Guru memimpin doa dan mengabsen siswa.
·         Guru memberi pertanyaan secara singkat untuk mengawali materi atmosfer.
15 menit
2
INTI  :
·         Guru menjelaskan pengertian atmosfer.
·         Guru menjelaskan lapisan-lapisan yang ada di atmosfer beserta peranan atmosfer bagi kehidupan.
·         Guru meminta siswa mengamati sebuah sajian video di dalam sebuah ppt tentang lapisan atmosfer.
·         Guru meminta siswa menuliskan isi dalam video.
·        Guru membantu siswa memberikan kesimpulan.
·        Guru memberikan tes tulis kepada siswa untuk mereview materi yang telah dibahas.

60 menit
3
PENUTUP
·         Guru memberikan infomasi mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
·         Guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam.

15 menit
Jumlah
90 menit

G.      Bahan, Alat/Media, dan Sumber Belajar
a.       Bahan Belajar           : Artikel, Jurnal
b.      Media Pembelajaran
1)      Alat                    : Laptop, spidol, LCD, white board
2)      Media                 : Power Point.
c.       Sumber Belajar         : Buku Geografi Kelas X SMA

H.      Metode Pembelajaran
a.       Pendekatan   : Saintifik
b.      Metode         : Ceramah, penugasan, diskusi, dan presentasi
c.       Model           : Inquiri Learning




LAMPIRAN PENILAIAN
1.      Lembar Diskusi
Jenis tagihan             : Tugas Kelompok
Bentuk tagihan         : Diskusi
Bahan diskusi           : Berdiskusilah dengan kelompok mengenai keadaan cuaca di daerahmu dan  amatilah fenomena atmosfer yang ada di sekitar.

Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal                : …………………………………………………….

Topik diskusi                : …………………………………………………….

No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama Peserta Didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif

Penilaian dalam Kelompok
1.
Menyusun laporan kelompok




2.
Kerja sama antar individu dalam kelompoknya




3.
Hasil diskusi kelompok




4.
Penilaian keaktifan siswa di dalam kelompok




5.
Penyampaian menggunakan bahasa yang baik




Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta Didik
1.
Pehaman materi dalam diskusi




2.
Keaktifan dalam kelompok




3.
Berani menyampaikan pendapat




4.
Menggunakan bahasa yang baik




Jumlah Nilai Individu


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55




2.      Lembar Pengamatan Sikap
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran                 : Geografi
Kelas / Semester               : X / II
Waktu Pengamatan          : Pada saat proses pembelajaran
Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang Dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.




2
Memiliki rasa keingintahuan yang tinggi




3
Menunjukan tanggung jawab, ketelitian serta ketekunan untuk bekerja dalam individu maupun dalam diskusi kelompok





Rubrik Penilaian Sikap
Aspek Yang Dinilai
Rubrik
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3: Mengungkapkan rasa syukur
2: Sudah menunjukan rasa bersyukur terhadap apa yang sudah ada tapi secara bertahap, serta mensyukuri atas kebesaran Tuhan
1: Belum menunjukan rasa syukur atas kebesaran Tuhan baik secara langsung maupun bertahap
Memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi dan kerja sama dalam kelompok
3: Selalu bertanya tentang yang terkait dalam materi dan aktif dalam kelompok
2: Selalu bertanya tetapi kurang aktif dalam menyampaikan pendapat, tapi sesekali menyampaikan pendapat dan memiliki rasa kerjasama yang tinggi
1: Tidak pernah bertanya, antusias kurang dan kurang berani dalam mengemukakan pendapatnya dan kerjasama kurang

Menunjukan tanggung jawab, ketelitian serta ketekunan untuk bekerja dalam individu maupun dalam diskusi kelompok.
3: menyelesaikan tugas kelompok dengan baik dan ikut berpartisipasi dalam mengerjakan tugas hasil kelompok
2: Berusaha mengerjakan tugas hasil kelompok secara baik dan tepat waktu, dalam hasil ketelitian kurang
1: Tugas tidak selesai, ketelitian kurang dan tidak bersungguh-sungguh dalam diskusi kelompok

 MEDIA PEMBELAJARAN BISA DIBUKA DI LINK BERIKUT :)


No comments:

Post a Comment