RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Bojonegoro
Kelas
/ Semester : XI/ 1
Mata
Pelajaran : Geografi
Materi
Pokok : Posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia
Alokasi
Waktu : 2JP x 1 Pertemuan (1jp 45 menit)
Pertemuan ke :
5
- Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramahlingkungan, gotongroyong, kerjasama, cintadamai,
responsifdan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
. - Menyadari bentuk permukaan bumi sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya fenomena dan
kejadian di geosfer
- Mensyukuri pentingnya adanya fenomena
geosfer sebagai Anugrah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran manusia
|
1. Mengagungkan kebesaran Tuhan YME
2. Siswa mampu bersyukur atas nikmat yang
diberikan berupa kehidupan sesuai agama yang dianut
|
-
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
1. Siswa mampu bekerjasama, aktif, da
bertanggungjawab
2. Mampu memberikan penilaian sikap
terhadap diri sendiri maupun dengan sesama teman
|
3.1 Memahami kondisi wilayah dan posisi strategis
Indonesia sebagai poros maritim dunia.
|
3.1.1 Menjelaskan
letak, luas, dan
batas wilayah Indonesia.
3.1.2 Karakteristik wilayah daratan dan perairan
Indonesi.
3.1.3 Perkembangan jalur transportasi dan perdagangan
Internasional di Indonesia
3.1.4
Potensi dan pengolaan sumber daya kelautan Indonesia
3.1.5 Posisi trategis Indonesia sebagai poros
maritim Dunia
|
4.1 Menyajikan contoh penerapan pengetahuan
Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia dalam bentuk tulisan.
|
4.1.1
Menunjukkan letak, luas, dan
batas wilayah Indonesia.
4.1.2 Membuat peta ekoregion kelautan tentang
karakteristik
wilayah perairan Indonesia
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran
peserta didik diharapkan mampu:
1. Siswa mampu mengetahui Potensi dan Pengolaan sumber daya
kelautan Indonesia
2. Siswa mampu menganalisis potensi sumber daya kelautan di
Indonesia
3. Siswa mampu menganalisis pengolahan sumber daya kelautan
di Indonesia
4. Siswa mampu mengetahu jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia
D.
Materi Pembelajaran
a.
Fakta
1. Jalur AlurLaut
Kepulauan Indonesia
2. Pontensi sumber
daya kelautan Indonesia
3. Pengolahan
sumber daya kelautan Indonesia
b.
Konsep
1. Tiga Jalur Alki
2. Terumbu Karang
3. Sumber daya
kelautan Indonesia beserta pengolahannya
c.
Prinsip
1. Posisi strategis Indonesia sebagai
poros maritim dunia
2. Batas wilayah Indonesia
d.
Prosedur
1. Menggambar peta batas wilayah
Indonesia
2. Menjelaskan posisi strategis
Indonesia
E. Pendekatan/ Model/ Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Cooperative dan TGT (Teams Game
Tournament)
Metode : diskusi tanya jawab, penugasan
F. Media/
Alat dan Bahan Pembelajaran
1.
Media
a. Power
Point d. Peta
b. Papan
Tulis e. Lingkungan Sekitar
c. Gambar
2.
Alat
a. Laptop
b. Alat
Tulis
c. LCD
G. Sumber Belajar
Buku panduan dan internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan kelima
No
|
Kegiatan
|
Rincian
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pembukaan
|
·
Guru
menyapa siswa, kemudian mengabsen (3 Menit)
·
Guru
Menyampaikan kompetensi dasar (KD) yang akan diajarkan (3 menit)
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran (3 menit)
·
Guru
memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya serta menyampaian tujuan
pembelajaran ( 3 menit)
|
15 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
·
Siswa memperhatikan, mengamati dan mendengarkan
materi yang disampaikan oleh guru, media yang digunakan ppt materi pengolahan
sumber daya kelautan Indonesia
·
siswa
diberikan penugasan untuk membuat peta konsep satu bangku satu
·
siswa mempersentasikan hasil kerja kelompoknya
|
65 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Siswa
dan guru memberikan kesimpulan
|
10 menit
|
MEDIA PEMBELAJARAN BISA DIBUKA DI LINK BERIKUT :)
https://drive.google.com/file/d/1imgfeZFfK2CAr0cYLGUmOwIyBqrQ4EbU/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1imgfeZFfK2CAr0cYLGUmOwIyBqrQ4EbU/view?usp=sharing
No comments:
Post a Comment